Tuesday, September 11, 2012

KHASIAT DAN MANFAAT DAUN SIRSAK DAN BUAH SIRSAK UNTUK KESEHATAN


KHASIAT DAN MANFAAT DAUN SIRSAK DAN BUAH SIRSAK BAGI KESEHATAN. Sebelum artikel penjelasan mengenai khasiat dan manfaat serta fungsi kegunaan tanaman Sirsak alangkah baiknya kita mengenal, APa itu buah Sirsak? Buah Sirsak sering juga disebut Buah Nangka Belanda atau juga ada yang menyebutnya dengan sebutan Durian Belanda, mengapa selalu ada Belandanya?, menurut wikipedia Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa. Ternyata Bangsa Belanda yang membawa secara sengaja ke Indonesia tapi asal tumbuhan Sirsak ini dari Karibia.

Tanaman Sirsak masih saudara sama keluarga Srikaya ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.

Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20-30cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim.

KANDUNGAN BUAH DAN DAUN SIRSAK

Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya. Sedangkan kandungan daun sirsak masih dirahasikan oleh para peneliti dan perusahaan obat karena biaya penelitian yang sangat tinggi mungkin untuk mengembalikan biaya penelitian dan keuntungan yang berlipat.

Bukti sejarah memperlihatkan khasiat daun sirsak ini telah diketahui oleh bangsa Indian kuno yang mempergunakan daun sirsak untuk menyembuhkan penyakit jantung , asma, liver dan reumatik. Dari fakta tersebut kemudian bermunculan penelitian yang berusaha mengungkap khasiat daun sirsak untuk kanker. Hasil penelitiannya sangat luar biasa, daun sirsak menyimpan potensi yang besar untuk menjadi obat herbal kanker alami.

Menurut jurnal kesehatan sebelum tahun 1970, berbagai studi para ilmuwan membuktikan ekstrak daun sirsak berkhasiat lebih baik dari kemoterapi, bahkan ekstrak daun sirsak bisa memperlambat pertumbuhan kanker. National Cancer Institute telah banyak melakukan penelitian ilmiah pada 1976 dan hasilnya menyatakan batang dan daun sirsak efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker.

Penelitian yang dilakukan di Korea juga menemukan bahwa ada satu senyawa kimia yang ditemukan dalam sirsak, berperan selektif membunuh sel kanker usus besar serta 10.000 kali lebih berpotensi sebagai obat kemoterapi. Selain itu juga senyawa ini selektif memilih sel target kanker sehingga tetap mempertahankan sel-sel yang sehat.

Sedangkan sebuah studi kesehatan yang dilakukan baru-baru ini menemukan, bahwa daun pohon sirsak sangat efektif untuk kanker prostat, pankreas dan paru-paru. Penemuan menakjubkan ini sengaja disimpan selama bertahun-tahun sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya.

Berdasarkan 20 tes laboratorium yang sudah dilakukan sejak tahun 1970 bahwa ekstrak dari pohon sirsak sangat bermanfaat dan berguna, seperti :
  1. Bisa menyerang sel-sel kanker secara efektif karena tidak membahayakan sel yang sehat, serta tidak menyebabkan rasa mual ekstrim, kehilangan berat badan dan rambut rontok.
  2. Memiliki target yang efektif dan bisa membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan kanker pankreas.
  3. Meningkatkan energi di dalam tubuh.
  4. Melindungi sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan.
Beberapa khasiat dan manfaat daun sirsak, batang, dan bunganya yang harus di Ketahui, yaitu :
  1. Untuk Pengobatan Penyakit Kanker: 10 lembar daun sirsak yg tua direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali per hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini informasinya mempunyai sifat seperti kemoterapi, bahkan lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal.
  2. Mengobati Sakit Pinggang: Ambil 20 lembar daun sirsak, lalu direbus dengan 5 gelas air hingga mendidih dan tinggal3 gelas, diminum setelah dingin 1 kali sehari 3/4 gelas.
  3. Pengobatan Bayi Mencret: Ambil Buah sirsak yang telah masak dan selanjutnya buah sirsak tersebut diperas dan disaring untuk diambil airnya saja, Berikan dengan cara meminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 3-4 sendok makan hingga sembuh penyakitnya.
  4. Obat Ambeien: Ambil buah sirsak yang sudah masak. Lalu peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas dan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  5. Mengobati Bisul: Ambil daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 helai lalu tempelkan di tempat yang terkena bisul hinggal bisul mengering.
  6. Obat Anyang-anyangen: Siapkan buah sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Lalu buah sirsak tersebut dikupas dan direbus dengan gula tadi bersama-sama dengan campuran air sebanyak 2 gelas, setelah itu disaring dan diminum rutin.
  7. Sakit Pada Kandung Air Seni: Ambil buah sirsak setengah masak, gula pasir dan garam dapur secukupnya. Semua bahan tadi dimasak seperti membuat kolak. Dimakan biasa dan terus dilakukan secara rutin setiap hari selama kurang lebih 1 minggu berturut-turut.
  8. Mengobati Penyakit Liver: Puasa untuk memakan makanan lain, hanya minum juice buah sirsak selama 1 minggu penuh.
  9. Ampuh untuk Eksim dan Rematik : Tumbuk beberapa helai daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian yang sakit hingga tidak terasa sakit lagi, biasanya harus dilakukan hingga beberapa hari.
  10. Manfaat Bunga Sirsak: Bunga sirsak katanya juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit katarak.
KESIMPULAN :
  • Tanaman Sirsak berasal dari Karibia. Tanaman Sirsak di Indonesia di Bawa oleh Bangsa Belanda
  • Batang, daun, buah, dan Bunga pohon Sirsak dapat dijadikan sebagai bahan obat herbal alami yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit terutama sel kanker. Ada juga yang mencampur dengan kulit manggis dan buah manggis.

No comments:

Post a Comment